Beberapa Cara Mengatasi Pemanasan Global di Bumi Secara Cepat dan Efektif

Cara Mengatasi Pemanasan Global di Bumi - Pemanasan global adalah fenomena yang tidak asing lagi di mana suhu rata-rata permukaan bumi maupun atmosfer bumi semakin panas atau meningkat. Secara umum, pemanasan global terjadi akibat ulah manusia yang kurang peduli dengan lingkungan. Karena itulah pemanasan global bisa diatasi dengan meningkatkan kepedulian manusia terhadap lingkungan.

Cara Mengatasi Pemanasan Global di Bumi

Pemanasan global disebabkan oleh banyak hal seperti adanya efek rumah kaca dan keberadaan gas-gas rumah kaca yang semakin banyak di lapisan atmosfer bumi, polusi udara akibat penggunaan bensin, pemborosan listrik, penggunaan CFC yang tidak terkendali, pembakaran sampah yang berlebihan, polusi udara akibat gas metana dan lain sebagainya.

Pemanasan global memberi dampak yang sangat signifikan terhadap kondisi lingkungan maupun makhluk hidup di bumi sehingga pemanasan global harus segera diatasi. Pemanasan global di bumi bisa diatasi dengan beberapa hal berikut:

Cara Mengatasi Pemanasan Global:

• Menanamkan rasa kepedulian terhadap bumi

Menanamkan rasa kepedulian terhadap bumi adalah salah satu cara mengatasi pemanasan global di bumi. Kepedulian adalah hal yang penting dan perlu diperhatikan karena bagaimanapun semua hal berawal dari tekad dan keinginan pribadi seseorang. Karena itulah, pemanasan global akan dapat diatasi apabila setiap manusia di bumi memiliki kesadaran dan kepedulian untuk menjaga bumi ini. Bahkan meskipun tidak semua manusia memiliki sikap kesadaran dan kepedulian untuk menjaga bumi, setidaknya jika sebagian manusia memiliki kepedulian terhadap bumi maka pemanasan global di bumi dapat diatasi.

• Menghemat penggunaan listrik

Energi listrik adalah energi yang sudah menjadi kebutuhan hampir semua manusia di bumi. Dengan energi listrik, manusia bisa menikmati penerangan, akses informasi yang luas dan tidak terbatas, dan masih banyak lagi hal lain yang hanya bisa didapatkan dengan listrik. Namun, energi listrik yang umum digunakan berasal dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil yang memiliki kontribusi dalam menambah jumlah gas karbon dioksida di atmosfer. Karena itulah semakain banyak listrik yang digunakan maka karbon dioksida yang dilepaskan ke atmosfer bumi akan semakin banyak. Cara mengatasi pemanasan global di bumi salah satunya bisa dilakukan dengan tidak memboroskan listrik.

• Kurangi penggunaan kendaraan pribadi berbahan bakar bensin

Kendaraan adalah alat yang mutlak dibutuhkan manusia untuk menunjang kemudahan mobilitas manusia. Namun, kendaraan bermesin yang banyak digunakan adalah kendaraan berbahan bakar bensin. Pembakaran bensin akan menghasilkan karbon dioksida yang dilepas dalam bentuk asap kendaraan. Semakin banyak kendaraan pribadi berbahan bakar bensin yang dipakai, maka akan semakin banyak pula karbon dioksida yang dilepas ke udara.

Karbon dioksida yang ada di atmosfer dapat menimbulkan efek rumah kaca sehingga apabila jumlahnya semakin banyak maka efek rumah kaca dan pemanasan global akan semakin memburuk. Karena itulah mengurangi penggunaan kendaraan pribadi berbahan bakar bensin bisa menjadi cara mengatasi pemanasan global di bumi yang efektif. Sebagai ganti kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan sarana transportasi umum atau kendaraan yang tidak menghasilkan polutan seperti sepeda untuk mengurangi emisi karbon dioksida.

• Banyak menanam pohon dan melestarikan hutan

Cara mengatasi pemanansan global di bumi bisa dilakukan dengan banyak menanam pohon dan melestarikan hutan karena pohon adalah mesin biologis yang sangat berguna dan mampu mengurangi polusi udara. Kemampuan spesial mengubah polutan menjadi gas yang berguna bagi kelangsungan kehidupan makhluk hidup ini memang hanya dimiliki oleh pohon dan jenis tumbuhan lain yang berklorofil. Hewan dan makhluk hidup lain yang tidak memiliki klorofil tidak bisa melakukannya.

Pohon dan tumbuhan lain menggunakan karbon dioksida yang merupakan polutan di udara untuk berfotosintesis dan menghasilkan oksigen yang bisa digunakan makhluk hidup lain untuk bernapas. Kemampuan ini akan semakin terasa apabila pohon-pohon dan tumbuhan lain berkumpul dan membentuk hutan. Hutan mampu memberikan udara yang bersih yang bisa digunakan makhluk hidup lain. Karena itulah hutan seringkali disebut sebagai paru-paru dunia. Hutan harus dilestarikan keberadaannya karena hutan bisa menjaga keseimbangan lingkungan dan kehidupan di bumi. Jika penebangan dan perusakan hutan tidak dicegah, maka bumi akan kehilangan keseimbangannya dan dampak pemanasan global akan semakin terasa.

• Memakai energi alternatif

Energi yang banyak digunakan di bumi adalah energi dari hasil pembakaran fosil. Jenis energi ini sangat berpengaruh terhadap kondisi atmosfer bumi dan bisa menimbulkan efek rumah kaca. Meskipun memiliki dampak yang buruk, namun manusia membutuhkan energi untuk melangsungkan kehidupannya.

Karena itulah energi dari bahan bakar fosil yang ikut berkontribusi dalam pemanasan global harus diganti dengan energi lainyang tidak merugikan manusia. Energi tersebut biasa disebut sebagai energi alternatif. Energi alternatif yang dimaksud adalah energi yang bisa diperbarui atau tidak menimbulkan dampak negatif seperti bahan bakar fosil. Contoh energi alternatif yang bisa digunakan adalah energi panas matahari, angin, air maupun energi yang berasal dari makhluk hidup misalnya bahan bakar dari minyak tumbuhan.

• Kurangi pembakaran sampah

Sampah adalah suatu hal yang menimbulkan permasalahan serius di bumi. Sampah bisa menimbulkan pencemaran lingkungan dan pemandangan yang tidak indah jika tidak segera ditangani. Karena itulah sebagian besar manusia mengambil langkah untuk membakar sampah sebelum sampah menumpuk tanpa memilah sampah terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Pemanasan Global di Bumi

Tindakan membakar sampah ini kurang tepat karena pembakaran sampah akan menghasilkan gas karbon dioksida. Gas karbon dioksida ini bisa mempengaruhi atmosfer bumi dan menyebabkan pemanasan global. Karena itulah semakin banyak sampah yang dibakar, akan semakin banyak pula karbon dioksida yang bisa mencemari udara. Sampah sebaiknya dipilah terlebih dahulu untuk menentukan cara pengolahan yang tepat. Sampah organik sebaiknya dibiarkan terurai dan sampah anorganik bisa didaur ulang. Dengan menerapkan cara mengatasi pemanasan global di bumi yang satu ini setidaknya polusi udara akibat pembakaran sampah bisa dikurangi.

• Kurangi penggunaan CFC

Chloro Fluor Carbon atau yang biasa dikenal sebagai CFC adalah salah satu bahan kimia yang berkontribusi dalam pemanasan global. CFC umumnya terdapat dalam alat-alat rumah tangga seperti kulkas dan pendingin ruangan atau AC. Di zaman pemanasan global ini suhu bumi semakin meningkat dan manusia akan semakin merasa kepanasan. Jika manusia yang menggunakan pendingin ruangan atau AC semakin banyak, maka dampak pemanasan global yang terjadi akan semakin buruk. Karena itulah penggunaan AC ini sebaiknya dikurangi dan diganti dengan menambahkan ventilasi udara di rumah atau bangunan lainnya.

• Kurangi gas metana dari aktivitas pertanian dan peternakan

Gas metana adalah salah satu gas yang juga memberikan efek rumah kaca. Gas metana ini timbul akibat aktivitas pertanian dan peternakan yang tidak tepat seperti dari kotoran ternak dan penggenangan sawah. Gas metana ini bisa dikurangi dengan melakukan praktek budidaya tanaman yang baik seperti tidak menggenangi sawah terlalu dalam serta menggunakan pupuk kandang yang telah matang dan siap pakai. Artikel Berikutnya Cara Mengatasi Pemanasan Global dan Hujan Asam

2 komentar:

 
Blogs Directory Science Blogs
Science blogs Top  blogs