6 Cara Mengatasi Pemanasan Global yang Bisa Kita Lakukan

Pemanasan global atau yang sering pula kita kenal dengan istilah global warming merupakan suatu keadaan yang tengah menjadi salah satu isu hangat untuk diperbincangkan di seluruh dunia.

Cara Mengatasi Pemanasan Global 

Pemanasan global sendiri adalah kondisi di mana suhu dunia meningkat dan menyebabkan berbagai dampak negatif bagi kehidupan, mulai dari meningkatnya permukaan air hingga terganggunya ekosistem.

Pada taraf yang lebih ekstrem, pemanasan global diklaim mampu mencairkan es di kutub. Penyebab pemanasan global sendiri sangat beragam, namun yang paling utama ialah pembakaran hutan secara liar yang menyebabkan jumlah pohon berkurang drastis, polusi udara dari kendaraan serta banyaknya rumah kaca.

Menilik bahaya dari pemanasan global, perlu diketahui cara mengatasi pemanasan global. Cara-cara ini dapat mulai diterapkan saat ini juga oleh diri kita sendiri guna membantu mengurangi dampak negatif dari global warming.

Cara mengatasi pemanasan global :

Cara mengatasi pemanasan global yang pertama adalah dengan mulai menanam pohon. Gerakan yang juga dikenal sebagai go green ini merupakan langkah paling tepat dalam mengatasi global warming.

Cara Mengatasi Pemanasan Global Dengan Menanam Pohon

Kampanye go green telah begitu digalakkan oleh pemerintah di seluruh dunia dan juga lembaga masyarakat pecinta lingkungan. Beberapa perusahaan besar pun secara khusus mengalokasikan dana dari Corporate Social Responsibility atau CSR guna menanam pohon. Bahkan, tak sedikit pohon-pohon ini dibagikan secara gratis untuk ditanam oleh masyarakat.

Gerakan menanam sejuta pohon bahkan sempat digalakkan oleh pemerintah Indonesia agar semakin banyak resapan air di dalam tanah dan mengurangi dampak negatif dari global warming. Dengan semakin banyaknya pohon maka akan semakin banyak pula oksigen yang dihasilkan sehingga suhu udara yang meningkat dapat diturunkan menjadi lebih sejuk.

Langkah kedua dalam mengurangi dampak pemanasan global adalah dengan mengurangi bangunan yang terbuat dari kaca. Rumah kaca dapat membuat suhu menjadi semakin panas hingga beberapa derajat Celcius. Hal ini dikarenakan kaca dapat memantulkan cahaya matahari dan akibatnya tentu saja suhu udara meningkat.

Cara mengatasi pemanasan global ini harus didukung dengan adanya kebijakan yang tegas dari pemerintah untuk melarang adanya bangunan terutama gedung pencakar langit dengan menggunakan material kaca. Analisis Dampak Lingkungan atau AMDAL harus dengan serius diterapkan pada pembangunan gedung-gedung tinggi atau hunian rumah pada umumnya.

Untuk saat ini tampaknya kebijakan ini belum terlalu diterapkan mengingat masih banyaknya jumlah gedung dan bangunan lain yang menggunakan kaca. Aspirasi terkait pengurangan rumah kaca harus disampaikan secara terus menerus agar pemerintah dapat secara tegas memberlakukan peraturan tersebut serta memberi denda kepada developer properti yang tetap membangun bangunan tanpa menggunakan AMDAL.

Selanjutnya, hal lain yang dapat kita lakukan untuk mengurangi pemanasan global adalah dengan cerdas dalam berkendara. Seperti kita tahu bahwa salah satu penyebab dari pemanasan global adalah polusi udara dari kendaraan bermotor yang biasa digunakan sehari-hari.

Sudah saatnya kita mengurangi pemakaian kendaraan pribadi kecuali jika memang benar-benar diperlukan dan beralih menggunakan transportasi umum. Beberapa negara maju bahkan sudah memiliki budaya untuk berkendara cerdas dengan tidak menggunakan kendaraan bermotor melainkan sepeda. Tempat parkir khusus sepeda pun disediakan di beberapa titik di pusat kota.

Di Indonesia sendiri, cara mengatasi pemanasan global seperti ini sudah mulai diterapkan dengan mengadakan car free day setiap akhir pekan. Walau hanya sekali seminggu, namun langkah ini patut diapresiasi sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah pada bahaya global warming.

Berikutnya kita juga dapat membantu mengatasi global warming dengan cara menghemat listrik. Listrik merupakan salah satu faktor yang berperan dalam menaikkan suhu udara menjadi semakin panas.

Cara Mengatasi Pemanasan Global dengan Hemat Listrik

Walau kelihatannya sepele, namun mematikan listrik ketika tidak sedang digunakan atau tidak terlalu diperlukan akan berpengaruh banyak pada Bumi. Langkah ini bisa dimulai dari sekarang dengan mematikan lampu atau alat elektronik yang sudah tidak digunakan.

Cara mengatasi pemanasan global ini memang harus dilakukan secara massal dan bukan hanya oleh perorangan. Peran serta pemerintah akan sangat membantu di mana pemerintah dapat menjadi contoh untuk masyarakat, misalnya dengan mematikan lampu jalan pada siang hari.

Beberapa langkah yang ditempuh oleh pemerintah Indonesia dan juga dunia dalam mengajak masyarakatnya berhemat listrik ialah dengan mengikuti Earth Hour di mana listrik dimatikan selama satu jam dalam waktu tertentu.

Kemudian, pastikan saluran ventilasi di rumah cukup baik. Hal ini mungkin terdengar sepele, namun ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak. Dengan adanya saluran ventilasi yang cukup, rumah akan terasa sejuk sehingga kita tidak perlu lagi memakai alat elektronik untuk mendinginkan suhu di dalam rumah seperti AC dan kipas angin.

Memiliki ventilasi yang baik akan turut membantu dalam menghemat listrik. Cara mengatasi pemanasan global ini akan semakin lengkap apabila ada pohon yang ditanam di halaman rumah sehingga oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis dapat pula menyejukkan rumah.

Ventilasi yang baik adalah yang cukup jumlah dan ukurannya di dalam rumah sehingga angin dapat keluar dan masuk ke dalam rumah dengan mudah.

Cara terakhir untuk mengatasi pemanasan global adalah dengan tidak melakukan illegal logging atau menebang pohon secara sembarangan. Hal ini memang masih sulit untuk dilaksanakan oleh masyarakat kita. Masih sering kita temukan berita mengenai beberapa hektar hutan yang telah dibakar habis dan ditebang secara sembarangan sampai menjadi lahan tandus.

Selain negara yang harus menanggung kerugian, anak cucu kita juga akan turut merugi lantaran berkurangnya paru-paru dunia dan semakin rusaknya lapisan ozon di langit. Selain menyebabkan pemanasan global, pembakaran hutan juga dapat menambah polusi udara dengan adanya asap yang dapat bertahan hingga hitungan hari dan bahkan minggu.

Dampak negatif lain dari penebangan hutan secara liar adalah banjir besar akibat berkurangnya resapan air. Banyaknya masalah yang ditimbulkan dari illegal logging membuat cara mengatasi pemanasan global ini harus turut serta menjadi perhatian pemerintah.

Global warming memang tengah menjadi ancaman, dan ancaman ini dapat terus berkembang apabila tidak ditangani dengan baik. Mengingat dampak dari global warming akan ditanggung oleh kita bersama dan juga anak cucu kita nantinya, maka cara mengatasi global warming pun harus kita lakukan bersama, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pihak pengambil kebijakan semata.

Mulai dari mematikan lampu di ruangan yang tidak digunakan sampai dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor sudah cukup membantu. Apalagi kalau kita melakukannya sembari memberitahu orang lain di sekitar kita mengenai pentingnya menghemat listrik dan cerdas berkendara.

Tak sekedar melakukannya sekali lalu melupakannya, cara-cara dalam mengatasi global warming ini harus dilakukan secara konsisten dan rutin setiap harinya. Dalam rangka Hari Bumi 2016, mari kita kembali mengingat bahwa Bumi ini bukanlah warisan dari nenek moyang melainkan pinjaman dari tuhan untuk anak cucu kita, sehingga kita harus merawatnya dengan sebaik-baiknya.

2 komentar:

  1. mengatasi pemanasan global harus kita mulai dari diri sendiri... btw artikelnya bagus sekali.

    BalasHapus

 
Blogs Directory Science Blogs
Science blogs Top  blogs