Beberapa Dampak dan Cara Mengatasi Pemanasan Global di Bumi

Cara Mengatasi Pemanasan Global - Isu pemanasan global merupakan masalah yang tengah menjadi perhatian seluruh dunia. Betapa tidak, pemanasan global menimbulkan berbagai macam dampak negatif yang merugikan manusia dan berbagai makhluk hidup lain yang ada di bumi.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Pemanasan global terjadi akibat efek rumah kaca yang terjadi di bumi. Efek rumah kaca bisa terjadi secara alami, namun jelas efek rumah kaca yang menimbulkan permasalahan pemanasan global saat ini adalah karena berbagai kegiatan manusia yang menimbulkan ketidakseimbangan pada atmosfer bumi.

Begitu pentingnya masalah pemanasan global dalam pandangan dunia sehingga muncul Protokol Kyoto yang bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca penyebab pemanasan global agar perubahan iklim dan kenaikan suhu permukaan yang terjadi di bumi tidak semakin memburuk di masa depan.

Berikut Dampak dan Cara mengatasi pemanasan global:

• Perubahan iklim dunia

Efek rumah kaca menjadi penyebab utama terjadinya pemanasan global. Karena adanya gas-gas yang mengalami pemantulan radiasi matahari ke atmosfer, suhu bumi semakin lama semakin mengalami peningkatan.

Masalah ini semakin diperburuk dengan pengurangan hutan yang dikonversi menjadi lahan pertanian, perumahan, perindustrian dan lain-lain. Hutan adalah sumber oksigen karena itulah pengurangan hutan sangat berpengaruh terhadap perubahan kondisi iklim bumi.

Selain itu, kegiatan manusia yang kurang memperhatikan lingkungan seperti kegiatan perindustrian dan semakin banyaknya kendaraan berbahan bakar minyak membuat emisi gas rumah kaca semakin besar.

Ketika jumlah hutan berkurang sedangkan sumber emisi gas rumah kaca semakin banyak, efek rumah kaca menjadi semakin terasa dan menyebabkan pemanasan global yang berdampak luas pada berbagai aspek kehidupan.

Karena itulah dampak dan cara mengatasi pemanasan global yang mengakibatkan perubahan iklim dunia salah satunya bisa dilakukan dengan melestarikan hutan dan membudayakan kebiasaan menanam pohon.

Tidak hanya menanam, tetapi pohon yang telah ditanam juga harus dipelihara dengan baik agar pohon tersebut bisa menjalankan fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem dengan baik.

• Naiknya permukaan laut

Naiknya suhu permukaan bumi membuat lapisan es di derah kutub mencair sedikit demi sedikit. Lapisan es yang awalnya abadi, kini mulai mencair sedikit demi sedikit dan menyebabkan permukaan laut naik.

Dampak akibat pemanasan global yang satu ini menyebabkan ekosistem yang ada di daerah kutub kehilangan keseimbangannya karena fauna khas kutub semakin kehilangan pijakan dan tempat hidup karena es yang mencair sedikit demi sedikit. Beruang kutub, penguin dan makhluk hidup lain yang hidup di kutub semakin kehilangan habitatnya.

Selain fauna kutub, manusia juga merasakan dampak buruk akibat naiknya permukaan laut. Naiknya permukaan laut membuat wilayah daratan semakin sempit karena daratan rendah yang berdekatan dengan laut akan semakin tenggelam.

Sama halnya dengan fauna kutub yang semakin kehilangan tempat tinggal, manusia juga merasakan dampak yang sama. Dampak dan cara mengatasi pemanasan global akibat naiknya permukaan laut bisa dilakukan salah satunya dengan mengurangi aktivitas manusia yang bisa menambah emisi gas rumah kaca. Manusia juga perlu menambah kepedulian terhadap lingkungan.

Mengurangi penggunaan bahan bakar minyak dan bahan bakar fosil adalah salah satu langkah penting yang bisa dilakukan. Bahan bakar kendaraan dan pembangkit listrik ikut berkontribusi dalam menyumbang emisi gas rumah kaca terutama karbon dioksida. Karena itulah sangat penting bagi manusia untuk berusaha menemukan sumber energi baru yang tidak memberikan dampak negatif pada lingkungan.

• Menurunnya hasil pertanian

Perubahan iklim yang ekstrem membuat semua makhluk hidup yang ada di bumi harus beradaptasi dengan iklim bumi yang baru. Makhluk yang mampu bertahan dan beradaptasi akan bertahan dan tetap hidup. Namun, seperti seleksi alam yang lain, suatu makhluk hidup akan punah jika tidak mampu bertahan dan beradaptasi. Makhluk hidup termasuk tumbuhan akan dipaksa untuk menghadapi kondisi iklim dunia saat ini yang semakin panas.

Karena itulah, akibat perubahan iklim dan perubahan cuaca yang tidak menentu hasil pertanian menjadi berkurang dan menurun. Jika hasil pertanian menurun, maka sumber makanan manusia pun akan berkurang. Karena itulah pemanasan global harus segera diatasi agar dampak negatif yang ditimbulkannya tidak semakin meluas dan memburuk.

Dampak dan cara mengatasi pemanasan global diantaranya bisa dilakukan dengan menerapkan sistem budidaya peternakan dan pertanian yang baik. Apabila manusia telah menerapkan sistem budidaya peternakan dan pertanian yang baik, emisi gas rumah kaca seperti metana bisa dikurangi.

• Kehidupan makhluk hidup akan terganggu

Pemanasan global memberikan dampak yang besar terhadap perubahan iklim dunia dan keseimbangan ekosistem. Perubahan iklim yang cukup ekstrem bisa mendorong pada kepunahan suatu jenis makhluk hidup tertentu karena perubahan lingkungan tersebut akan menyebabkan rusaknya keseimbangan ekosistem.

Perubahan tersebut juga secara otomatis memaksa makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Karena itulah makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi akan mengarah pada kepunahan.

Kepunahan sebenarnya merupakan hal yang wajar karena seiring berjalannya waktu berbagai perubahan yang terjadi akan memaksa makhluk hidup untuk beradaptasi dan menghadapi perubahan tersebut. Namun, dengan adanya pemanasan global, perubahan yang terjadi pada lingkungan kehidupan di bumi sangat drastis sehingga semakin banyak makhluk hidup yang terdorong menuju ambang kepunahan.

Dampak dan cara mengatasi pemanasan global untuk mencegah kepunahan suatu makhluk bisa dilakukan dengan melakukan konservasi dan menjaga keseimbangan lingkungan dengan sebaik-baiknya. Misalnya adalah tidak merusak ekosistem dengan cara tidak menebang pohon di hutan secara ilegal.

• Terganggunya kesehatan manusia

Tidak hanya flora dan fauna yang merasakan dampak dari pemanasan global tetapi juga manusia. Perubahan iklim yang terjadi dapat memicu gangguan kesehatan pada manusia. Gangguan tersebut dapat terjadi karena banyaknya polutan yang ada di udara sehingga menyebabkan masalah seperti alergi dan penyakit pernapasan lainnya.

Selain itu, perubahan suhu yang terjadi juga bisa menyebabkan stres, dehidrasi, stroke dan sebagainya. Meningkatnya suhu bumi juga menyebabkan penyakit semakin meluas. Misalnya penyakit yang awalnya merupakan endemik daerah tropis menjadi mulai bermunculan di daerah subtropis karena suhu subtropis yang semula tidak sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan patogen menjadi sesuai untuk pertumbuhan dan perkembangan patogen.

Contoh penyakit endemik daerah tropis yang telah menyebar ke daerah subtropis adalah malaria dan demam berdarah. Kedua penyakit tersebut disebabkan oleh suatu jenis nyamuk. Kenaikan suhu tersebut memicu penyebaran, pertumbuhan dan perkembangan nyamuk tersebut dari daerah tropis ke daerah subtropis yang bukan daerah endemik penyakit tersebut.

Hal ini tentu saja sangat merugikan bagi manusia karena penyakit tersebut menjadi semakin menyebar dan meningkatkan persentase kemungkinan orang terkena penyakit tersebut. Perubahan cuaca juga bisa menyebabkan suatu penyakit mewabah di suatu daerah.

Dampak dan cara mengatasi pemanasan global untuk mencegah penyebaran penyakit diantaranya adalah mengurangi emisi gas rumah kaca untuk mencegah semakin tingginya kenaikan suhu di bumi.

Baca artikel berikutnya tentang 6 Cara Mengatasi Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global yang Ampuh.

2 komentar:

  1. bagus sekali pengertian dari pemanasan global yang disampaikan di atas

    BalasHapus

 
Blogs Directory Science Blogs
Science blogs Top  blogs