Beberapa Langkah Bagaimana Cara Mengatasi Dampak Terjadinya Pemanasan Global

Cara Mengatasi Pemanasan Global - Isu global yang menjadi perhatian dunia saat ini salah satunya adalah pemanasan global. Seperti namanya, pemanasan global adalah suatu kondisi di mana suhu pada permukaan bumi dan juga atmosfer semakin meningkat. Fenomena ini bisa memberikan berbagai dampak buruk bagi semua makhluk yang hidup di bumi.

Cara Mengatasi Dampak Terjadinya Pemanasan Global

Dampak pemanasan global sangat bermacam-macam diantaranya adalah perubahan ilkim dan cuaca, permukaan laut semakin naik, hasil pertanian menurun, kehidupan makhluk hidup dibumi terganggu dan masih banyak lagi dampak merugikan lainnya. Lalu bagaimana cara mengatasi dampak terjadinya pemanasan global? Pemanasan global dan dampaknya bisa diatasi dengan berbagai cara sebagai berikut:

Cara Mengatasi Dampak Terjadinya Pemanasan Global

• Budayakan menanam pohon

Pohon dan tumbuhan berklorofil lainnya adalah makhluk hidup ajaib yang bisa merubah zat-zat polutan menjadi zat-zat yang berguna. Contohnya adalah karbon dioksida. Gas karbon dioksida yang terdapat di atmosfer termasuk dalam kelompok gas yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Cara Mengatasi Dampak Terjadinya Pemanasan Global

Dampak terjadinya pemanasan global salah satunya adalah perubahan iklim dan cuaca bumi dan hilangnya keseimbangan alam di bumi. Perubahan iklim dan cuaca ini akan menyebabkan air di bumi menjadi cepat menghilang karena panas matahari. Akibatnya, bumi menjadi rawan mengalami kekeringan. Padahal air adalah salah satu elemen yang dibutuhkan makhluk hidup manapun untuk melangsungkan kehidupannya. Tanpa air, suatu makhluk tidak akan bisa bertahan hidup. Tanpa adanya pohon atau jika pohon yang ada di bumi semakin berkurang, maka kemampuan bumi dalam menyimpan air akan semakin berkurang dan bumi akan semakin rawan kekeringan.

Selain itu, pohon juga dapat mengolah gas karbon dioksida yang notabenenya merupakan polutan menjadi gas oksigen untuk bernapas. Semakin banyak pohon yang ditanam, maka akan semakin baik kualitas udara dan kemampuan bumi dalam menyimpan air juga semakin baik. Karena itulah menanam pohon adalah salah satu jawaban yang tepat atas pertanyaan bagaimana cara mengatasi dampak terjadinya pemanasan global.

• Kurangi bangunan dari kaca

Bangunan dari kaca seperti rumah kaca bisa berkontribusi dalam memperparah dampak pemanasan global. Pasalnya, bangunan dari kaca bisa meningkatkan suhu atmosfer dan juga suhu permukaan bumi. Prinsipnya hampir sama dengan gas-gas penyebab timbulnya efek rumah kaca. Namun, sayang sekali karena masih banyak bangunan gedung pencakar langit yang memakai kaca. Karena itulah cara ini dapat menjadi jawaban bagaimana cara mengatasi dampak terjadinya pemanasan global.

• Berpikir cerdas dalam memilih kendaraan

Kendaraan memang selalu dibutuhkan untuk menunjang akses manusia dari satu tempat ke tempat lain. Karena itulah kendaraan bermesin adalah kendaraan yang menjadi favorit. Namun, sayang sebagian besar kendaraan bermesin adalah kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin. Hasil pembakaran bensin akan menghasilkan asap kendaraan. Dalam asap kendaraan ini terdapat berbagai macam zat polutan yang bisa mencemari lingkungan dan memperparah dampak pemanasan global.

Cara Mengatasi Dampak Terjadinya Pemanasan Global

Beberapa polutan ini bisa membahayakan kesehatan manusia misalnya menyebabkan alergi, penyakit pernapasan dan lain-lain. Karena itulah kendaraan yang digunakan sebaiknya kendaraan yang tidak memberi dampak buruk terhadap manusia dan memperparah dampak pemanasan global. Kendaraan yang aman digunakan dan tidak memperparah dampak pemanasan global diantaranya adalah sepeda. Apabila tempat yang dituju terlalu jauh, alat transportasi umum bisa dijadikan pilihan. Setidaknya dengan memakai alat transportasi umum, asap kendaraan bisa dikurangi. Setidaknya satu langkah ini bisa menjawab pertanyaan bagaimana cara mengatasi dampak terjadinya pemanasan global.

• Tidak menebang pohon sembarangan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pohon adalah aset berharga yang harus dipertahankan keberadaannya di bumi. Pohon terutama jika masih berada dalam satu kesatuan yaitu hutan, bisa menjadi salah satu faktor yang mampu mengatasi dampak terjadinya pemanasan global. Untuk memperjelas, pohon mampu memproduksi oksigen sehingga pohon mampu memberikan kesejukan dan menghindarkan manusia dan makhluk hidup lain dari kepanasan. Dengan begitu, gangguan kesehatan makhluk hidup akibat kepanasan dan stres perubahan iklim bisa dikurangi.

Cara Mengatasi Dampak Terjadinya Pemanasan Global

Jika pohon-pohon yang ada di hutan ditebang dan dirusak secara sembarangan, maka kesejukan dan kenyamanan yang diberikan pohon akan berkurang. Suhu udara akan semakin terasa panas dan lingkungan di bumi perlahan-lahan akan kehilangan keseimbangan dan siklus air yang terjadi di bumi juga terganggu. Bencana kekeringan dan kebanjiran akan rawan terjadi di bumi karena pohon yang bertugas membantu proses masuknya air ke dalam tanah semakin sedikit. Karena itulah tidak menebang pohon menjadi bagian dari bagaimana cara mengatasi dampak terjadinya pemanasan global.

• Mengurangi penggunaan CFC

Mengurangi penggunaan CFC adalah salah satu jawaban bagaimana cara mengatasi dampak terjadinya pemanasan global. CFC atau Chloro Fluor Carbon adalah bahan yang banyak dipakai dalam kulkas dan AC. CFC ini berperan penting dalam pemanasan global karena CFC yang terlepas ke atmosfer dapat melubangi lapisan ozon.

Lapisan ozon di atmosfer bumi memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk mencegah dan menyaring radiasi matahari. Sinar matahari memang penting bagi kehidupan manusia, namun dalam sinar matahari juga terdapat sinar-sinar yang bisa membahayakan makhluk hidup di bumi. Salah satu sinar yang membahayakan tersebut adalah sinar ultraviolet. Sinar ini bisa tertahan oleh lapisan ozon. Namun, jika lapisan ozon pada atmosfer bumi berlubang, maka sinar ultraviolet dapat mencapai permukaan bumi.

Sinar ultraviolet ini bisa menyebabkan kanker kulit dan masalah kesehatan lain jika mengenai makhluk hidup. Untuk mengurangi resiko dampak pemanasan global tersebut bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan AC atau kulkas. Penggunaan AC setidaknya bisa dikurangi dengan memperbaiki sistem ventilasi udara suatu bangunan. Semakin banyak ventilasi udara yang ada pada suatu bangunan, maka semakin sedikit AC yang diperlukan. Akan lebih baik lagi jika tidak perlu menggunakan AC.

• Menerapkan budaya hemat listrik

Tidak dapat dipungkiri bahwa listrik telah menjadi kebutuhan yang mutlak dibutuhkan manusia. Namun, penggunaan listrik ternyata ikut berkontribusi dalam pemanasan global. Jika pemborosan listrik masih banyak terjadi, maka dampak pemanasan global bisa semakin parah.

Listrik yang saat ini banyak digunakan adalah listrik yang menggunakan fosil sebagai bahan bakarnya. Hasil pembakaran fosil ini menghasilkan gas karbon dioksida yang ikut berperan dalam pemanasan global. Karena itulah penghematan listrik adalah salah satu langkah yang harus ditempuh untuk mengatasi dampak pemanasan global.

Penghematan listrik yang hanya dilakukan oleh perorangan memang tidak akan memberi dampak besar. Penghematan listrik harus dilakukan oleh banyak orang dengan kesadaran masing-masing untuk mengatasi dampak pemanasan global.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika pembangkit listrik yang digunakan menggunakan energi alternatif seperti energi air atau angin. Hal ini akan sangat membantu mengurangi emisi gas karbon dioksida yang memberikan efek rumah kaca dan bisa memperparah pemanasan global. Karena itulah menerapkan budaya hemat listrik secara kolektif merupakan salah satu langkah sederhana yang bisa diterapkan. Baca artikel berikutnya tentang: Cara Mengatasi Pemanasan Global.

2 komentar:

 
Blogs Directory Science Blogs
Science blogs Top  blogs