Cara Mengatasi Pemanasan Global dan Perubahan Iklim Yang Perlu Kita Ketahui!

Cara Mengatasi Pemanasan Global dan Perubahan Iklim - Bumi yang dijadikan sebagai tempat hidup makhluk hidup, umurnya memang sudah tua, banyak perubahan yang terjadi didalamnya. Dengan segala kebutuhan yang disediakan oleh bumi, kerap kali membuat manusia menjadi serakah dan lupa bahwa kebutuhan yang disediakan ini lama kelamaan akan habis.

Cara Mengatasi Pemanasan Global dan Perubahan Iklim

Perubahan iklim dan pemanasan global terjadi semakin parah. Cara mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim dapat dilakukan dari mulai tindakan yang mudah dan sederhana. Pemanasan global dan perubahan iklim tentunya sudah dirasakan hampir seluruh masyarakat di belahan dunia manapun. Misalnya saja es yang ada di kutub sudah mulai mencair dan suhu yang ada di kutub utara dan selatan sudah tidak sedingin beberapa tahun yang lalu.

Di Indonesia sendiri sebagai negara tropis yang hanya memiliki dua iklim yaitu musim hujan dan kemarau, sudah mulai merasakan pengaruhnya dalam beberapa tahun terakhir ini. Musim hujan yang biasanya mulai terjadi pada bulan september sekarang ini sudah tidak dapat diprediksikan lagi.

Ada beberapa wilayah di Indonesia yang mengalami hujan secara terus menerus yang kemudian mengakibatkan banjir. Dan ada juga daerah yang mengalami kemarau berkepanjangan sehingga membuat sumber-sumber air mengalami kekeringan. Perubahan iklim yang ekstrim ini juga tidak dapat diprediksi oleh pemerintah. Dengan banyaknya wilayah di Indonesia dengan keadaan yang berbeda membuat permasalahannya menjadi semakin kompleks.

Suhu di bumi juga pada beberapa tahun belakangan menjadi semakin tinggi. Mungkin jika anda tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia dapat merasakan bagaimana panasnya pada siang hari, yang kemudian akan secara drastis berubah pada malam hari. Berbagai solusi mulai dicari oleh negara-negara di dunia. Kita sebagai anggota masyarakat tentunya tetap dapat berkontribusi didalamnya. Seberapa pun kecil yang anda lakukan tetap bermanfaat bagi bumi kita tercinta ini.

Cara Mengatasi Pemanasan Global dan Perubahan Iklim

Cara mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim yang pertama adalah dengan hemat dalam menggunakan listrik. Caranya adalah dengan mematikan peralatan listrik jika memang tidak digunakan. Jika anda dapat melakukannya tanpa bantuan dari alat listrik maka sebaiknya anda tidak menggunakan peralatan listrik tersebut

Menggunakan lampu fluorescent dan juga lampu yang hemat energi sehingga dapat menghemat pemakaian listrik anda. Jenis lampu-lampu tersebut dapat menghemat hampir 80 persen dari penggunaan listrik anda. Mematikan lampu pada siang hari atau juga menggunakan lampu seminimal mungkin ketika anda tidur pada malam hari. Tidak lupa juga mematikan pemanas air jika anda hendak pergi dalam waktu yang cukup lama.

Mengganti kulkas lama anda dengan yang baru dan tidak lupa untuk defrost kulkas yang anda miliki secara teratur. Anda dapat mengeluarkan bahan-bahan makanan yang sudah tidak diperlukan lagi didalam kulkas anda setiap minggunya. Tidak memasukkan makanan yang masih panas kedalam kulkas. Anda juga sebaiknya tidak terlalu lama membuka pintu kulkas karena akan boros listrik.

Cara mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim berikutnya adalah dengan menggunakan sumber energi yang berasal dari alam. Misalnya saja dengan menggunakan energi matahari untuk rumah dan juga pemanas air anda. Menggunakan sinar matahari juga untuk mengeringkan pakaian anda. Tidak lupa untuk memaksimalkan penggunaan sinar matahari dengan cara mematikan lampu pada siang hari dan biarkan agar sinar matahari masuk kedalam rumah anda sebagai cahaya alami untuk rumah anda.

Membuka jendela juga agar udara dapat masuk sehingga udara yang ada didalam rumah menjadi segar dan juga tidak perlu menggunakan ac lagi. Jika anda tetap ingin menggunakan ac sebaiknya tidak terlalu sering, jika memang udara sedang betul-betul panas saja. Dan tidak lupa untuk selalu membersihkan AC secara teratur, tidak lupa untuk memasang timer pada AC anda sehingga jika anda pergi AC anda tidak ditinggalkan dalam kondisi nyala. Exhaust fan juga dapat membantu anda untuk mendapatkan udara yang segar didalam rumah anda. Udara yang ada didalam ruangan juga dapat terganti secara teratur.

Cara mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim selanjutnya adalah dengan menggunakan gelas atau peralatan makan yang terbuat dari keramik. Tidak menggunakan gelas atau peralatan makan yang sekali pakai. Hindari juga pemakaian styrofoam untuk digunakan sebagai pembungkus makanan anda, karena bahan ini akan sangat susah untuk diuraikan jika dibuang.

Jangan membuang plastik belanjaan anda, simpan secara rapih, karena suatu saat anda pasti membutuhkannya. Menggunakan serbet sebagai lap tangan anda, sehingga tidak terlalu banyak menggunakan tisu untuk membersihkan tangan anda. Tisu yang anda pakai berasal dari pohon. Sehingga semakin banyak anda menggunakannya maka semakin banyak juga pohon yang ditebang. Penebangan pohon ini tentunya berakibat fatal bagi kelangsungan kehidupan di bumi.

Hutan gundul dapat mengakibatkan berbagai permasalahan serius. Seperti tidak adanya lagi paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen. Dapat mengakibatkan banjir karena tidak ada lagi penampung dan penyaring air jika terjadi hujan secara terus menerus. Hutan gundul juga dapat mengakibatkan longsor. Karena akar pada pohon sudah hilang sehingga tanah akan menjadi sangat mudah untuk terbawa arus air.

Sebaiknya anda juga memanfaatkan dengan maksimal kertas yang ada disekitar anda. Kertas juga terbuat dari pohon. Sehingga anda harus memaksimalkan penggunaannya. Misalnya kertas harus dipakai kedua sisinya sehingga tidak ada bagian yang terbuang dengan sia-sia. Tidak membuang koran bekas anda. Karena koran bekas ini dapat digunakan untuk membungkus peralatan rumah anda.

Anda juga sebaiknya mengecat rumah dengan menggunakan kuas atau rol yang lebih aman digunakan dibandingkan dengan menggunakan cat semprot. Cat semprot ini berbahaya karena akan mengeluarkan emisi yang berbahaya. Sebaiknya juga membeli barang yang dapat didaur ulang kembali sehingga tidak terbuang dengan sia-sia. Dan tidak lupa untuk membeli produk yang memiliki label ramah lingkungan.

Anda juga sebaiknya tidak terlalu sering makan fast food karena jenis makanan ini menyumbangkan paling besar sampah didunia. Hal ini dikarenakan pembungkus makanan yang mereka gunakan. Biasanya mereka juga memakai peralatan yang terbuat dari kertas, tidak menggunakan peralatan dari keramik. Kertas ini juga diambil dari hutan-hutan tropis dunia. Permasalahan ini yang banyak diangkat oleh gerakan internasional karena perusahaan fast food ini tidak mempedulikan hal tersebut.

Cobalah juga untuk berhenti menggunakan semprotan yang berjenis aerosol, hal ini untuk mengurangi CFC yang nantinya akan mengganggu lapisan ozon bumi. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan semprotan jenis ini ketika membersihkan rumah anda.

Berbagai cara mengatasi pemanasan global dan perubahan iklim diatas tentunya dapat anda mulai dari diri sendiri. Cara yang sebetulnya tidak sulit. Karena yang paling diutamakan adalah mennggugah pemikiran semua orang di bumi agar lebih peduli lagi terhadap lingkungannya. Jika lingkungan anda bersih tentunya akan berpengaruh besar bagi keberlangsungan bumi. Keberlangsungan umat manusia juga akan lebih terjamin. Artikel berikutnya Cara Mengatasi Masalah Pemanasan Global yang Bisa Kita Lakukan.

2 komentar:

 
Blogs Directory Science Blogs
Science blogs Top  blogs