Pengertian Penyebab Akibat dan Cara Mengatasi Pemanasan Global Yang Harus Kita Ketahui

Cara Mengatasi Pemanasan Global - Pemanasan global atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut global warming merupakan masalah serius yang akhir-akhir ini tengah menjadi topik hangat untuk dibahas. Pembahasan ini meliputi pengertian penyebab akibat dan cara mengatasi pemanasan global.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Pemanasan global sendiri merupakan suatu keadaan di mana suhu rata-rata dari atmosfer meningkat. Kenaikan suhu dapat mencapai satu hingga enam derajat Celcius. Masalah terkait peningkatan suhu ini telah menjadi bahan perdebatan di kalangan ilmuwan dari berbagai negara terutama negara-negara maju. Hal ini terutama karena dampak yang dihasilkan oleh pemanasan global tidaklah main-main dan bisa mengancam keselamatan banyak makhluk hidup di Bumi. Upaya-upaya untuk mengatasi dampak dari pemanasan global pun terus digalakkan agar kerusakan yang ditimbulkan olehnya dapat diminimalisir.

Penyebab Pemanasan Global

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Penyebab pemanasan global sendiri sangat beragam. Salah satunya adalah efek rumah kaca. Banyaknya bangunan gedung tinggi yang menggunakan kaca ternyata dapat menyebabkan pemanasan global karena suhu udara menjadi meningkat.

Penyebab lain yang tak kalah mengancam keselamatan Bumi adalah pembakaran hutan secara besar-besaran. Pohon-pohon di hutan yang dapat menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis berkurang drastis dan asap dari pembakaran hutan akan dapat meningkatkan suhu udara pula.

Selain itu, polusi udara dari kendaraan bermotor juga dapat menyebabkan pemanasan global. Inilah mengapa solusi untuk mengatasi pemanasan global selalu menyerukan kampanye go green dengan menanam pohon atau mengurangi pemakaian kendaraan bermotor serta lebih kepada ajakan untuk menggunakan transportasi umum ataupun kendaraan tidak bermotor. Tujuannya adalah supaya penyebab pemanasan global dapat dikurangi.

Akibat Pemanasan Global

 Cara Mengatasi Pemanasan Global

Akibat dari pemanasan global sendiri tidak main-main. Akibat yang pertama adalah tidak stabilnya iklim. Dampak yang satu ini sudah mulai kita rasakan dari sekarang. Beberapa ilmuwan memperkirakan belahan Bumi utara nantinya akan mengalami kenaikan suhu yang melebihi daerah-daerah lain.

Selain itu, sejumlah gunung es juga akan mencair dan jumlah daratan menjadi semakin kecil. Dalam taraf yang lebih ekstrem, beberapa daerah yang biasanya mengalami salju ringan, pada akhirnya tidak akan mengalami hujan salju kembali.

Selain itu, musim tanam dapat berlangsung dalam jangka waktu yang lebih panjang di beberapa daerah. Akibat lain yang dapat terjadi ialah permukaan air laut akan meningkat. Hal ini terjadi karena atmosfer yang menghangat dan akhirnya permukaan air laut juga semakin hangat. Volume air semakin besar dan permukaannya semakin tinggi. Sejumlah es di kutub akan mencair terutama di daerah Greenland. Perubahan terkait volume air laut ini akan turut mempengaruhi kehidupan di pinggir pantai.

Ilmuwan memperkirakan enam persen dari negara Belanda dan sekitar tujuh belas koma lima persen bagian dari negara Bangladesh akan tenggelam. Beberapa pulau juga akan turut tenggelam sebagai akibat dari pemanasan global. Bahaya inilah yang menjadikan pembahasan mengenai pengertian penyebab akibat dan cara mengatasi pemanasan global menjadi topik panas di kalangan ilmuwan.

Cara terbaik harus ditemukan agar dampak terburuk ini bisa diatasi atau diminimalisir. Dengan tenggelamnya beberapa pulau serta berkurangnya sebagian dari suatu negara, jumlah kematian bisa jadi sangat banyak. Negara-negara maju kemungkinan akan melindungi wilayah pantai dengan membangun tembok atau meninggikan daerah pantai, sementara negara berkembang akan mengevakuasi warganya. Peta dunia bisa berubah karena tenggelamnya beberapa pula dan jarak antara benua bisa semakin jauh atau justru semakin dekat.

Akibat lain dari pemanasan global ialah suhu global yang kian meningkat. Curah hujan bisa semakin tinggi di beberapa daerah dan menjadikan masa tanam semakin lama. Kanada bagian selatan mungkin akan menerima dampak positif dari tingginya curah hujan ini. Akan tetapi beberapa negara di Afrika akan merugi karena lahan pertanian mereka menjadi tidak subur dan bahkan tidak bisa ditanami.

Daerah pertanian gurun yang irigasinya menggunakan air dari gunung juga akan merugi karena kumpulan salju akan mencair sebelum puncak dari masa tanam. Peningkatan suhu ini juga bisa menyebabkan gagal panen karena adanya serangan serangga serta penyakit tanaman.

Pada akhirnya, semua dampak terkait meningkatnya suhu ini akan berakibat pula pada manusia. Manusia bisa kekurangan bahan makanan dan akhirnya menderita kelaparan. Hewan, terutama omnivora, juga kekurangan makanan dan bisa mengalami kematian dalam jumlah besar.

Pembahasan terkait pengertian penyebab akibat dan cara mengatasi pemanasan global berikutnya adalah terkait dampaknya pada keadaan politik dan sosial. Pemanasan global dan perubahan cuaca yang ekstrem dapat menimbulkan sejumlah penyakit, di antaranya heat stroke hingga kematian dalam jumlah besar. Gagal panen dapat menimbulkan kematian akibat kelaparan ataupun malnutrisi.

Dampak lain yang bisa terasa adalah banjir serta badai karena sejumlah es yang ada di kutub telah mencair. Kebakaran juga bisa terjadi mengingat banyaknya hutan yang dibakar. Dengan adanya cuaca ekstrem, perpindahan dalam jumlah besar atau migrasi bisa saja dilakukan oleh sebagian besar orang. Penyakit lain yang mungkin terjadi adalah trauma psikologis. Ekosistem yang terganggu memungkinkan terjadinya penyebaran penyakit dengan media vektor ataupun air.

Memahami pengertian penyebab akibat dan cara mengatasi pemanasan global tak akan lengkap tanpa mengetahui langkah-langkah apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dampak negatif dari hal ini.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

 Cara Mengatasi Pemanasan Global

Yang bisa kita lakukan pertama adalah menanam pohon. Pohon akan berperan penting dalam kehidupan serta mengurangi dampak pemanasan global. Terutama sekali dalam jumlah besar seperti hutan yang dapat menjadi paru-paru dunia dan membuat suhu atmosfer kembali menurun

Cara ini harus didukung pula oleh pemerintah dengan menggalakkan gerakan menanam banyak pohon. Seringkali dapat ditemukan pula lembaga swadaya masyarakat atau kelompok pecinta lingkungan yang melakukan gerakan tanam pohon ini.

Beberapa universitas dan perusahaan ternama juga tak mau kalah dalam melakukan gerakan menanam pohon. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yakni agar pemanasan global dapat berkurang dan bencana banjir juga dapat teratasi.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi pemanasan global adalah dengan menghemat listrik. Mungkin hal ini terdengar sepele, walau manfaatnya ternyata sangat besar. Listrik menjadi salah satu faktor mengapa suhu dunia dapat meningkat. Sehingga, mengurangi pemakaian listrik akan sangat besar dampaknya guna mengatasi pemanasan global. Matikan alat elektronik yang sedang atau sudah tidak digunakan lagi, seperti lampu, televisi, radio dan lain-lain.

Selanjutnya, kurangi pula pemakaian material kaca untuk rumah karena efek dari rumah kaca ini terbukti bisa meningkatkan suhu atmosfer. Cerdas dalam berkendara dapat pula diterapkan agar polusi udara berkurang dan suhu atmosfer dapat berkurang. Gunakan transportasi umum atau berjalan kaki saja apabila jarak yang ditempuh memang dekat.

Di Indonesia, sudah sering kita temukan adanya event car free day yang biasa diadakan di akhir pekan. Beberapa negara maju bahkan telah terbiasa menggunakan sepeda sebagai moda transportasi sehari-hari. Demikian pengertian penyebab akibat dan cara mengatasi pemanasan global yang dapat kita mulai dari diri sendiri. Baca artikel selanjutnya tentang Cara Mengatasi Pemanasan Global dan Perubahan Iklim.

2 komentar:

 
Blogs Directory Science Blogs
Science blogs Top  blogs