3 Cara Mengatasi Pemanasan Global dengan Mengubah Pola Hidup

Global warming merupakan suatu kondisi dimana suhu bumi akan meningkat yang mengakibatkan banyak perubahan besar pada bumi. Bumi yang semakin tua ditambah lagi aktivitas manusia yang banyak sekali menyebabkan kerusakan pada bumi. Ada 3 cara mengatasi pemanasan global yang dapat Anda lakukan dengan merubah gaya hidup Anda.

Cara Mengatasi Pemanasan Global
Cara Mengatasi Pemanasan Global
Global warming selain di sebabkan karena usia bumi yang semakin tua juga disebabkan tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Yaitu dengan membakar hutan maupun menebang hutan tanpa ijin untuk dijadikan lahan pemukiman maupun pabrik-pabrik. Berkurangnya jumlah hutan dan pohon mengakibatkan berkurangnya kadar oksigen diudara. Seperti yang kita ketahui bahwa oksigen adalah sumber terpenting manusia untuk hidup.

Oksigen digunakan untuk bernapas oleh manusia. Namun yang terjadi saat ini adalah kadar karbon dioksida telah mendominasi udara setidaknya hampir 50% kadar dioksida ada pada atmosfer saat ini. Kadar yang tidak seimbang ini dihasilkan dari bahan-bahan bakar baik dari bahan bakar fosil maupun bahan bakar dari kendaraan dan pabrik. 3 gaya hidup yang dapat Anda lakukan sebagai 3 cara mengatasi pemanasan global akan dijabarkan di bawah ini.

3 Cara Mengatasi Pemanasan Global dengan Mengubah Pola Hidup :

1. Transportasi

Karbon dioksida yang dihasilkan sebagian besar dari asap pembuangan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Kenaikan jumlah kendaraan ini terjadi disetiap tahunnya bahkan saat ini mencapai lebih dari 100 ribu unit pertahunnya. Fungsi kendaraan sebagai sarana transportasi yang mudah dan cepat membuat masyarakat berlomba-lomba untuk menggunakannya. Di setiap rumah saat ini saja ditemukan lebih dari satu kendaraan yang dipakai untuk setiap orang. Bayangkan berapa besar karbon dioksida yang dihasilkan minimal satu dari motor dan mobil yang dipakai? Banyaknya kendaaraan pribadi menjadikan ketidak seimbangnya kendaraan pribadi dengan kendaraan umum.

Dengan merubah pola hidup Anda mulai dari transportasi yang Anda pakai untuk beraktivitas. Dengan menggunakan transportasi umum sebagai transportasi Anda, Anda sudah mengurangi karbon dioksida yang dihasilkan dari kendaraan Anda. Selain itu, dengan menggunakan transportasi umum Anda juga tidak perlu menyetir dan atau terkena pelanggaran lalu lintas. Biasanya setelah bekerja seharian, badan Anda akan terasa capek. Dengan menggunakan kendaraan umum, Anda bisa merilekskan tubuh Anda sejenak. Anda bisa bersantai tanpa harus menyetir. Anda juga bisa mengurangi kemacetan. Dengan badan yang sudah capek ditambah dengan terjebak macet Anda akan sampai dirumah terlalu larut. Hal ini akan mengakibatkan pada pola tidur Anda.

Selain menghasilkan karbon dioksida, kendaraan bermotor juga menghasilkann karbon monoksida. Gas ini bisa dihasilkan dari kendaraan bermotor karena adanya proses pembakaran yang tidak sempurna. Gas ini terdiri dari atom Karbon (C) dan Atom oksigen (O). Gas tergolong gas beracun dan menimbulkan efek negatif apabila masuk kedalam peredaran darah. Selain menggunakan kendaraan umum, apabila rumah Anda cukup dekat dengan kantor atau tempat kerja Anda, sebaiknya Anda menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi Anda. Selain dapt mengurangi pemanasan global dari karbon dioksida, bersepeda juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda.

2. Hidup sehat dengan menanam pohon

Pohon atau tumbuhan merupakan salah satu penghasil oksigen di bumi. Kadar oksigen yang semakin menipis dikarenakan penebangan hutan dan pembakaran hutan guna membangun tempat tinggal. Hal ini jika dilakukan terus menerus tanpa melakukan reboisasi atau penanaman hutan kembali akan berdampak buruk pada lingkungan.

Selain menyebabkan banjir, kadar oksigen yang berkurang, penebangan hutan tanpa adanya reboisasi juga mengakibatkan global warming. Global warming terjadi karena kurangnya tanaman sebagai filter atau penyaring udara. Jarang sekali ditemukan pohon-pohon atau lingkungan hijau dikota-kota besar. Karena sebagian besar telah dimanfaatkan untuk pemukiman.

Lahan kota yang sempit tidak akan menjadi masalah untuk menanam pohon. Anda bisa menanam tumbuhan yang dapat Anda rawat dengan mudah misalnya bunga, atau sayuran atau buah-buahan. Anda bisa memanfaatkan teras atau balkon rumah Anda untuk menanam. Apabila ruangan terasa sempit, Anda bisa mengaplikasikan media tanam menggunakan air atau yang sering disebut hidroponik pada rumah Anda.

Sistem menanam menggunkan air tebilang cukup mudah dan tidak memerlukan lahan yang luas. Sistem ini sangat cocok diaplikasikan dikota-kota besar. Dengan menanam pohon, Anda sudah berturut serta mengurangi dampak dari global warming. selain itu Anda bisa menghasilkan oksigen dari tanaman Anda. selain menanam bunga, sayuran bisa Anda tanam di lingkungan rumah Anda. Anda bisa merubah pola makan Anda yang tidak sehat menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi sayuran-sayuran organik yang Anda tanam sendiri.

3. Hidup sederhana

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan yaitu dengan merubah pola hidup Anda yang konsumtif menjadi lebih sederhana. Pada kota-kota besar sering ditemukan bangunan atau rumah yang menggunakan pendingin ruangan atau Air conditioner (AC). Air conditioner merupakan salah satu penyumbang terbesar kedua penyebab pemansan global selain kendaraan bermotor. Pada pendingin ruangan terdapat zat kimia yang bernama cloroflourocarbon atau CFC. CFC ini sering digunakan di semua mesin pendingin.

Selain terdapat pada pendingin ruangan, zat ini juga terdapat pada kulkas atau freezer. Alat-alat pendingin seperti ini biasanya menyedot listrik yang sangat tinggi. Selain berdampak kepada keuangan Anda, ini juga berdampak pada bumi.

Dengan memakai listrik berlebihan berarti menambah penyebab global warming. listrik yang sering Anda gunakan setiap hari merupakan hasil dari bahan bakar fosil. Semakin banyak menggunakan listrik berarti semakin banyak menggunakan bahan bakar fosil. Karena hasil dari pembakaran bahan bakar fosil yang digunakan utuk listrik ini adalah uap panas yang tidak dapt di daur ulang. Uap iini akan dibuang langsung ke atmosfer yang menyebabkan suhu bumi semakin naik.

Selain itu, zat-zat kimia yang dihasilkan dari bahan bakar fosil juga menyebabkan hujan asam yang menajdi salah satu dampak pemanasan global. Dengan mengurangi penggunaan alat-alat pendingin berarti Anda mengurangi pemakaian listrik dan mengurangi efek global warming saat ini.

Perubahan biasanya diawali mulai dari hal-hal yang kecil. Hal kecil tersebut adalah dimulai dari diri Anda. Anda bisa menjadi salah satu agen perubahan dunia dengan merubah pola hidup Anda. Pola hidup masyarakat kota yang tidak sehat serta memberikan dampak buruk pada bumi bisa dirubah dengan melakukan hal-hal tersebut. Mulai dari pintar memilih kendaraan transportasi, pola hidup sehat dengan menanam pohon serta merubah pola hidup yang boros menjadi hidup yang lebih sederhana.

Dengan merubah polah hidup berarti Anda menjadi individu yang sadar akan lingkungan. Dengan menerapkan 3 cara mengatasi pemanasan global pada hidup Anda, Anda juga akan merasakan dampak positif yang dihasilkan. Seperti selalu sehat karena selalu bersepeda. Bersepeda sangat baik untuk jantung Anda. Mengkonsumsi sayuran organik yang dihasilkan dari kebun mini Anda sendiri serta Anda bisa lebih menghemat pengeluaran uang Anda setiap bulannya dengan hidup yang lebih sederhana.

2 komentar:

 
Blogs Directory Science Blogs
Science blogs Top  blogs