6 Cara Mengatasi dan Mengurangi Pemanasan Global

Global Warming atau pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 º C (1.33 ± 0.32 º F) selama seratus tahun terakhir. Sebelum pada pembahasan cara mengatasi dan mengurangi pemanasan global, anda akan disuguhkan penyebab dan dampak dari pemanasan global.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Beberapa ulasan mengenai penyabab pemanasan global dalam rangka mengetahui cara mengatasi dan mengurangi pemanasan global adalah sebagai berikut :

Penyebab Pemanasan Global

Efek rumah kaca

Ketika energy matahari mengenai bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan bumi dan dipantulkan kembali. Sebagian dari panas ini sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Dan sebagiannya terperangkap pada lapisan atmosfer yang sudah tercemar dengan berbagai zat seperti CO2, ada pula gas metana yang tidak bisa terurai di udara, dan uap air yang terperangkap pada lapisan atmosfer.

Efek umpan balik

Contohnya adalah penguapan air, dalam kasus ini, ada lebih banyak gas rumah kaca yang tertampung di atmosfer sehingga air yang menguap akan ‘tertampung’ disini. Hasilnya uap panas pada atmosfer menambah suhu bumi semakin tinggi.

Variasi matahari

Hal ini terjadi karena umpan balik pada awan akibatnya meningkatkan aktivitas matahari yang akan memanaskan stratosfer dan sebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer. Pendinginan ini terjadi pada bagian bawah paling tidak matahari menjadi contributor utama pemanasan saat ini.

Penipisan lapisan ozon

Lapisan ozon sangat penting dalam menyerap radiasi ultra violet dari matahari pada saat menyinari bumi. Radiasi ini dapat membuat penyakit kanker kulit , merusak mata, melemahkan sistem imunisasi badan manusia. Selain itu memsnahkan kehidupan laut, ekosistem dan mengurangi hasil pertanian dan hutan. Penyebab utamanya oleh chloroflurocarbon (CFC).

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai penyebab pemanasan global, maka anda harus mengetahui pula dampak dari pemanasan global, sehingga anda dapat paham bagaimana cara mengatasi dan mengurangi pemanasan global tersebut.

Berikut merupakan dampak pemanasan global :

Perubahan habitat

Pergeseran secara luas terjadi pada habitat-habitat tanaman dan hewan. Beberapa spesies akan sangat sulit untuk dapat bertahan di habitat asalnya. Beberapa tanaman bunga tidak dapat berbunga tanpa mengalami musim dingin yang benar-benar dingin. Dan kegiatan manusia telah mempersulit makhluk hidup lainnya untuk mencapai habitat barunya.

Gangguan kehidupan laut

Permukaan air laut menjadi lebih hangat, sehingga meningkatkan tekanan bagi ekosistem laut seperti batu karang menjadi putih. Menyebarkan penyakit-penyakit yang sangat mempengaruhi kehidupan makhluk-makhluk di dalam laut.

Gangguan cuaca

Kondisi cuaca ekstrim bisa sering terjadi sehingga menambah daya rusak seperti meningkatkan banjir dan kekeringan, angin ribut dan badai tropis bisa muncul dengan kekuatan yang lebih besar

Meningkatnya permukaan ai laut

Peningkatan suhu global telah mencairkan sejumlah besar es yang melapisi antartika. Tinggi permukaan laut menjadi naik di seluruh dunia. Wilayah pantai mengalami kebanjiran, erosi, hilangnya daratan dan masuknya air laut ke wilayah air tawar, menenggelamkan kota-kota pantai dan negara kepulauan kecil.

Penyebab dan dampak tersebut dapat menjadi informasi penting dalam mencari cara mengatasi dan mengurangi pemanasan global. Berikut 6 cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mengurangi pemanasan global :

6 Cara Mengatasi Pemanasan Global

Program menanam pohon

Perencanaan ini sudah lama dilakukan hanya saja dalam pelaksaannya masih banyak yang belum mencapai target. Gerakan-gerakan “go green” sudah sering dilakukan, akan tetapi pengawasan dan keberlanjutannya masih sangat kurang. Terlepas dari hal itu, pohon merupakan cara pencegah terbaik dalam pemanasan global. Karena dengan menanam pohon lingkungan menjadi lebih sejuk, akibatnya suhu panas di lingkungan sekitar akan terserap oleh pohon dan pohon memberikan udara yang menyegarkan.

Kurangi bangunan rumah kaca

Banyaknya bangunan rumah kaca membuat suhu panas bisa meningkat beberapa derajat celcius. Oleh sebab itu, harus dikurangi, harus ada kbijakan pemerintah yang tegas tentang pembangunan gedung-gedung yang mencoba mencakar langit. Aspirasi ini harus terus disampaikan, terhadap pemangku kepentingan seperti pemerintah, perusahaan dan pihak-pihak dalam melakukan analisis dampak lingkungan.

Cerdas dalam berkendara

Budaya berkendara dengan cerdas telah banyak dilakukan oleh Negara-negara maju yang sadar akan polusi kendaraan yang membahayakan manusia maupun lingkungan sekitar. Ada saja Negara yang menarik perhatian untuk berkendara sepeda yaitu dengan menyiapkan tempat parkir khusus yang ditata sangat rapi di sarana umum seperti kantor, sekolah maupun lainnya. Selain dengan menggunakan sepeda, alangkah lebih bijak jika menggunakan kendaraan umu, hal ini bisa mengurangi pemanasan global yang timbul akibat kendaraan pribadi. Dengan kendaraan umum maka langkah ini bisa meminimalisir polusi dan kemacetan. Bahkan jika jarak tempuh yang dilalui oleh anda pendek maka sebaiknya berjalan kaki.

Hemat listrik

Listrik menjadi factor dalam menaikan suhu panas. Berhemat dalam penggunaan listrik sangat dianjurkan demi mengurangi pemanasan suhu sekitar. Kebiasaan dalam menggunakan lampu di siang hari harus sudah ditinggalkan, menyalakan kran air saat tidak dibutuhkan harus segera ditinggalkan. Memang terlihat sangat sepele jika dilakukan hanya seorang tapi jika dilakukan secara masal bukan tidak mungkin akan mengurangi pemanasan suhu lingkungan. Penggunaan listrik yang hemat bukan saja mengurangi pemanasan global tapi menghemat sumber daya alam tidak terbarukan. Seperti batu bara, minyak dan tambang.

Saluran ventilasi rumah yang cukup

Memperbanyak ventilasi rumah bukan sesuatu yang sulit karena demi kenyamanan anda saat berada di rumah dengan sirkulasi udara segar dapat masuk dengan baik kenapa tidak. Tentunya sebelum memperbanyak saluran ventilasi anda pun harus menanam pohon di pekarangan rumah anda. Selain itu, gunakan interior rumah yang berasal dari kayu, bukan dari kaca. Hal tersebut akan menaikkan suhu udara di dalam rumah dan membuat tidak nyaman. Jika anda pecinta tanaman hias di dalam rumah, sebaiknya ditempatkan pada ruangan umum seperti ruang tamu, keluarga, TV dan lainnya. Jangan ditempatkan di kamar Karena meskipun rumah anda berventilasi siklus udara yang ada di ruangan tersebut pada malam hari lebih banyak CO2 yang akan mengganggu pernafasan.

Jangan tebang pohon sembarangan

Sudah banyak kasus ini terjadi, akibatnya kebakaran dimana-mana, erosi, degradasi lahan, pencemaran udara dan lainnya. Oleh sebab itu, perlu adanya peraturan yang bisa membuat efek jera kepada pelaku illegal logging ini.

Beberapa informasi di atas bisa menjadi motivasi untuk tetap melakukan yang terbaik bagi lingkungan sekitar. Jika tidak dimulai dari diri sendiri, upaya-upaya di atas tidak akan pernah berhasil. Oleh sebab itu, keenam cara mengatasi dan mengurangi pemanasan global harus secara sadar dilakukan oleh masing-masing individu. Harapannya dengan semakin banyak orang yang melakukan, akan memberikan contoh nyata bagi orang lain dan dapat menjadi teladan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Baca juga artikel lainnya tentang Cara Sederhana Mengatasi Pemanasan Global Dengan Hidroponik untuk menambah pengetahuan cara mengatasi pemanasan global.

2 komentar:

  1. Terimakasih atas artikel ini, cara2 diatas memang perlu kita lakukan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah berkunjung juragan :)

      Hapus

 
Blogs Directory Science Blogs
Science blogs Top  blogs