Cara Mengatasi Pemanasan Global Menurut Para Ahli Iklim PBB

Pemanasan global yang biasa disebut dengan global warming adalah sinar matahari yang memancarkan cahayanya sampai menembus ke lapisan atmosfer sehingga menyebabkan sebuah radiasi yang gelombang nya akan diserap oleh gas rumah kaca sehingga menyebabkan sebuah gelombang terperangkap ke dalam sebuah atmosfer bumi. Oleh sebab itu, perlu dilakukan sebuah penelitian dalam mencari cara mengatasi pemanasan global menurut para ahli dari berbagai bidang ilmu seperti iklim, lingkungan, kehutanan, pertanian dan bidang ilmu lainnya.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Penyebab pemanasan global secara umum adalah akibat ulah manusia sendiri dengan pertumbuhan populasi teknologi dan industry serta penambahan populasi penduduk yang semakin bertambah dan hal inilah yang akan menyebabkan pemanasan global di seluruh dunia.

Sebelum menginjak ke cara mengatasi pemanasan global menurut para ahli sebaliknya paham terlebih dahulu penyebabnya. Berikut penyebab pemanasan global :

Penyebab Pemanasan Global

• Meningkatnya gas karbon monoksida dari kendaraan bermotor

Aktivitas manusia dalam berkendara menjadi factor utama dalam meningkatnya pemanasan global. Populasi manusia meningkat dan jumlah kendaraan semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman, semua orang dengan mudah mendapatkan kendaraan pribadi. Efek kendaraan bermotor sangat berpengaruh bagi pemanasan global karena gas yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor adalah gas karbon monoksida yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan menyababkan efek rumah kaca.

• Efek rumah kaca

Penyebabnya akibat efek panas yang dipantulkan ke permukaan bumi yang tertangkap oleh gas-gas yang ada di lapisan atmosfer sehingga mengalami pemberhentian dan tidak dapat diteruskan kembali ke luar angkasa dan akibatnya panas cahaya matahari akan dipantulkan kembali ke permukaan bumi.

• Gas buang dari industri

Gas buang dari industri adalah penyebab efek rumah kaca yang berpengaruh juga dengan kehidupan makhluk hidup karena dapat menyebabkan pencemaran udara yang disebabkan oleh asap pabrik yang berlebihan, karena asap pabrik mengeluarkan gas berupa karbondioksida, karbon monoksida, gas metana dan yang lainnya.

• Penggunaan CFC yang tidak terkontrol

CFC adalah Cloro Four Carbon adalah penyebab pemanasan global yang sifatnya masih bisa ditangani, CFC merupakan bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan lalu digunakan sebagai memproduksi peralatan rumah tangga. CFC biasanya terdapat pada kulkas dan AC yang menimbulkan pemanasan global.

• Luas hutan yang semakin menurun

Pembakaran secara illegal membuat kerusakan hutan semakin tinggi. Luas hutan yang semakin menurun juga menyebabkan pemanasan global, karena seringnya ada pembakaran hutan yang secara liar membuat lahan hutan semakin berkurang. Karena hutan yang berperan penting sekali unutk makhluk hidup, hutan merupakan paru-paru dunia. Pernafasan pun menjadi terganggu karena cuaca yang kurangnya masukan oksigen sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran udara akibat penggundulan hutan.

• Polusi metana oleh pertanian, perkebunan, dan peternakan

Gas metana merupakan gas yang menyebabkan pemanasan global, gas ini sangat berpengaruh dalam pemanasan global karena gas merupakan urutan kedua penyebab utama terjadinya pemanasan global. Gas metana disebabkan dari bahan-bahan organik yang kekurangan dari hasil pemecahan bakteri pada pertanian, perkebunan dan peternakan. Sebagai contohnya adalah semakin tinggi produksi hewan ternak maka gas metana akan semakin meningkat yang akan dilepaskan ke permukaan bumi.

• Kekurangan pepohonan

Kekurangan pepohonan dapat menimbulkan pemanasan global, karena pepohonan juga dapat membantu untuk mengatasi suhu panas dan menghirup karbondioksida yang menyebabkan terjadinya pemanasan global. Pepohonan memiliki fungsi penting bagi lingkungan, karena pohon bisa membuat lingkungan menjadi sejuk, mengurangi polusi, dan jauh dari pencemaran udara.

• Polusi udara dari industri pabrik

Di Indonesia memang lebih banyak industri pabrik di bandingan bisnis usaha yang dijalani masing-masinh orang. Semakin banyaknya industri pabrik yang berkembang akan menyebabkan kerugian asap yang yang dihasilkan dari pabrik industri tersebut, sehingga akan menyebabkan polusi udara yang akan membuat lingkungan tercemar. Sehingga akan semakin banyak terjadinya pemanasan global pada bumi.

Setelah mengetahui beberapa hal mengenai penyebab pemanasan global, maka anda harus mengetahui pula dampak dari pemanasan global, sehingga anda dapat paham bagaimana cara mengatasi dan mengurangi pemanasan global menurut para ahli tersebut. Berikut merupakan dampak pemanasan global :

Dampak Pemanasan Global

  • Perubahan cuaca dan iklim menjadi semakin ekstrim
  • Menurunkan hasil pertanian akibat cahaya ultra violet yang memberikan dampak buruk terhadap kualitas dan kuantitas hasil pertanian serta akibat perubahan musim yang tidak menentu
  • Pengaruh terhadap pertumbuhan tanaman yang semakin menurun Karen akondisi lingkungan yang tercekam
  • Pengaruh terhadap pernafasan manusia akibat polusi udara yang tercemar bahan berbahaya
  • Iklim mulai tidak stabil akibatnya cuaca ekstrim dimana-mana
  • Gagal panen bagi petani secara besar-besaran

Penyebab dan dampak tersebut dapat menjadi informasi penting dalam mencari cara mengatasi dan mengurangi pemanasan global menurut para ahli iklim PBB. cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mengurangi pemanasan global :

Cara Mengatasi Pemanasan Global Menurut Para Ahli Iklim PBB


• Dr. Rajendra Pachauri, Ketua Panel Antar pemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC) PBB :

“ Bila Anda melihat dampak perubahan iklim pada air, pada kesehatan manusia, pada pertanian, pada ekosistem, betul-betul sedang memasuki zona dimana dampak ini akan menjadi sangat serius, bahkan dengan kenaikan suhu udara sebesar 1 hingga 1,5 derajat. Jadi sudah tidak punya waktu lagi, dan saya pikir bila dunia ingin menstabilkan iklim di Bumi, dan karena itu, meminimalkan atau menghilangkan ancaman dari dampak yang membahayakan, maka harus bergerak dengan sangat cepat ”.

• Dr. Rajendra Pachauri:

“ Siklus daging secara keseluruhan sangat, sangat intensif, dalam hal emisi karbon dioksida. Mulai dari Anda membabat hutan-hutan, sebagai ladang penggembalaan, lahan ternak merumput di sana, lalu ternak itu dibunuh, lalu didinginkan. Bila Anda melihat pada beberapa perkiraan, hal itu betul-betul tampak sangat dahsyat. Tetapi lebih dari itu semua, saya pikir adalah solusi yang tepat untuk mengurangi daging. Ada cukup bukti medis bahwa tingkat konsumsi daging yang dimiliki di dunia sekarang ini per perkapita, khususnya di dalam masyarakat dimana itu menjadi bagian yang amat besar dalam pola makannya, hal itu sesuatu yang bahkan berbahaya bagi kesehatan manusia. Dan karena itu, bila Anda beralih ke makan lebih sedikit daging, maka seperti yang saya katakan, orang-orang akan menjadi sehat, dan begitu pula dengan planet ini “.

Beberapa informasi di atas bisa menjadi motivasi untuk tetap melakukan yang terbaik bagi lingkungan sekitar. Jika tidak dimulai dari diri sendiri, upaya-upaya di atas tidak akan pernah berhasil. Oleh sebab itu, cara mengatasi dan mengurangi pemanasan global menurut para ahli harus secara sadar dilakukan oleh masing-masing individu. Harapannya dengan semakin banyak orang yang melakukan, akan memberikan contoh nyata bagi orang lain dan dapat menjadi teladan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

2 komentar:

 
Blogs Directory Science Blogs
Science blogs Top  blogs